Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan

Selamat datang di tempat dimana Anda bisa menemukan berbagai informasi unik seputar kesehatan. Pembahasan yang akan kami ulas hari ini yaitu mengenai perawatan yang tepat setelah pembedahan. Baiklah, simak selengkapnya hanya di www.TanamanObatKankerServiks.com

Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan

Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan

Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan – Hal yang harus dilakukan seorang pasien setelah menjalani operasi ialah merawat diri sebaik mungkin. Tujuannya untuk memulihkan kondisi kesehatan dan juga mencegah resiko infeksi terhadap luka.

Usai menjalani operasi, normal saja jika Anda merasa gugup karena efek anestesi. Dokter memberi oksigen melalui tabung sehingga Anda dapat bernafas dengan lebih mudah. Hal lain yang mungkin saja terjadi adalah sakit atau muntah akibat anestesi. Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengalami sakit tenggorokan dan mulut kering. Perawat akan memeriksa tekanan darah dan juga suhu tubuh Anda untuk memastikan kondisi kesehatan Anda pasca operasi.

Mungkin luka bedah sangat memprihatinkan, karena bisa memengaruhi penampilan Anda. Luka bedah tersebut bisa disembuhkan dengan cara perawatan yang tepat. Luka bedah biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar 2 minggu. Mungkin dibutuhkan waktu lebih lama bila Anda mempunyai kondisi medis atau Anda menggunakan obat-obatan tertentu seperti steroid.

Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan

Hindari penggumpalan darah

Berbaring ditempat tidur tak akan membantu Anda pulih lebih cepat tapi bisa menyebabkan sebagian darah menempel di kaki Anda. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah. Melakukan beberapa latihan kaki bisa membantu Anda terhindar dari bekuan darah. Tidak membutuhkan sesuatu yang rumit, hanya dengan meregangkan lutut atau pergelangan kaki kemudian memutar kaki Anda. Mungkin Anda diberi stocking dukungan, khusus untuk digunakan setelah operasi guna membantu sirkulasi darah Anda.

Kurangi resiko infeksi

Adanya luka bekas operasi akan mempermudah Anda terkena infeksi jika perawatan yang Anda lakukan tidak tepat. Untuk mengurangi resiko infeksi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai berapa lama harus menjaga luka agar tetap kering dan lakukan seperti yang diinstruksikan. Cek kondisi luka setiap hari, karena dikhawatirkan ada tanda-tanda infeksi.

Tak hanya itu, ada suatu hal yang seharusnya tidak dilakukan. Jangan gosok area luka. Jangan lepaskan pita rekaman dari sayatan bila tidak diminta. Alih-alih mandi, ada baiknya menggunakan spons hingga dokter benar-benar diperbolehkan untuk mandi.  Luka Anda perlu ditutup dengan kantong plastik atau metode lain agar tetap kering.

Lindungi sayatan

Mungkin Anda diberi jahitan, staples atau lem bedah untuk menutup insisi bedah. Apabila staples, dokter bedah akan membuangnya begitu luka sudah sembuh. Luka biasanya akan hilang dalam waktu 5 hingga 10 hari. Pada kasus jahitan, benang akan larut sepanjang waktu atau ahli bedah akan membuangnya.

Menarik jahitan, staples, tape atu lem bedah tidak diperbolehkan. Jika merasa gatal, Anda bisa bertanya pada dokter tentang obat untuk meredakannya. Jika mengalami perdarahan di tempat persalinan, Anda harus menekan luka setidaknya selama 5 menit, gunakan handuk bersih. Jika tak berhasil, segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit.

Dengan perawatan tepat, Anda bisa membantu memastikan bahwa insisi Anda sembuh dengan baik dan tidak membuat luka operasi berbekas pada kulit. Tak hanya itu, perawatan tepat juga membantu Anda terhindar dari bahaya infeksi.

Baca juga artikel lainnya :

Khasiat Brokoli untuk Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal Pada Wanita

Khasiat Teh Hijau Untuk Kanker Serviks

Mengatasi Rasa Takut Kambuhnya Kanker Serviks

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks

Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan