Mengatasi Rasa Takut Kambuhnya Kanker Serviks

Selamat datang di www.TanamanObatKankerServiks.com tempat berbagi info kesehatan terbaru yang sangat sayang jika Anda lewatkan. Gabunglah bersama kami dengan mengikuti berbagai kajian informasi kesehatan yang selalu kami hadirkan setiap harinya 🙂

Mengatasi Rasa Takut Kambuhnya Kanker Serviks

Mengatasi Rasa Takut Kambuhnya Kanker Serviks – Setelah sukses menjalani pengobatan kanker serviks, Anda mungkin saja dihinggapi oleh rasa takut akan kambuhnya kanker tersebut. Tahukah Anda, perasaan takut tak akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Melainkan bisa berdampak pada pemulihan dan kehidupan Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Mengatasi Rasa Takut Kambuhnya Kanker Serviks

Mengapa kanker dapat kambuh?

Kekambuhan terjadi saat kanker serviks kembali muncul dilokasi awal atau ditempat lain pada tubuh, disebut dengan metastasis. Anda juga bisa terkena kanker baru yang tak berkaitan yang di diagnosis pada bagian tubuh lainnya.

Kambuhnya kanker serviks bisa terjadi oleh adanya fakta bahwa di beberapa kasus terapi kanker tidak mampu mematikan semua sel kanker pada tubuh. Hingga saat ini, tes masih terbatas saat mendeteksi semua sel, sehingga mungkin sebagian sel tertinggal kemudian muncul kembali sebagai metastasis atau kekambuhan.

Hal wajar, apabila rasa takut muncul saat setelah pengobatan. Akan tetapi, terlalu khawatir juga bisa mempengaruhi kualitas hidup dan menghambat kemampuan untuk mencapai tujuan serta rencana jangka panjang. Terbukti, bahwa jumlah penyintas yang mengalami metastasis atau kekambuhan kanker hanya sebesar 1–3 persen, termasuk kekambuhan kanker serviks. Lantas, mengapa Anda harus memenjarakan diri pada ketakutan tanpa melakukan sesuatu hal untuk mengatasinya? Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa takut kekambuhan kanker.

Kenali pemicu Anda

Ada hal yang bisa memicu kekhawatiran lalu rasa takut tanpa disadari, seperti misalnya peringatan satu tahunnya kanker terdiagnosis dan lainnya. Cara mengatasi rasa takut, Anda harus mengetahui pemicu ini. Tak hanya itu, Anda bisa membuat rencana aktifitas yang membantu mengalihkan perhatian dari berpikir tentang kanker. Anda bisa menuliskan apa yang bisa membantu kurangi tingkat kepanikan Anda serta berpikiran positif tentang diri sendiri.

Berikan stress batas waktu

Wajar saja mempunyai rasa cemas akan peluang kambuhnya kanker, namun jangan biarkan rasa takut itu berlama-lama berada di dalam pikiran Anda. Cobalah untuk tak terlalu memikirkannya, karena semua itu hanya akan membuat Anda resah. Sebaliknya, Anda bisa mengatur batas waktu diri sendiri di mana Anda boleh merasakan apapun dalam batas waktu tesebut. Saat waktu telah habis, tugas Anda ialah kembali mengingat diri bahwa Anda harus tetap bergerak maju.

Bicarakan

Berbagilah dengan orang yang Anda sayangi adalah hal efektif untuk kurangi rasa takut, termasuk salah satunya ketakutan akan peluang kambuhnya kanker. Bukan hanya membantu diri membuang pemikiran negatif tapi juga memberi keluarga atau teman Anda kesempatan untuk mengetahui tentang kecemasan Anda. Biarkan saja mereka tahu, bahwa Anda sangat menyambut dukungan emosional serta motivasi untuk membantu Anda mengatasi perasaan takut.

Fokus pada kesehatan

Apabila Anda cukup sehat, kekambuhan kanker serviks tidak mungkin terjadi. Maka, penting sekali bagi Anda menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tersebut akan meningkatkan kesehatan dan juga kesejahteraan Anda secara menyeluruh. Fokuslah pada hal–hal yang bisa Anda kontrol seperti asupan nutrisi serta olahraga. Hal ini bisa membantu Anda terhindar dari kanker.

Rutin check up

Untuk benar–benar mengusir kekhawatiran akan peluang kambuhnya kanker, Anda harus tetap menjalani berbagai perawatan agar dokter bisa memberi cara pencegahan serta deteksi dini. Jangan sesekali mengabaikan jadwal rutin Anda ke dokter untuk skrining serta evaluasi setelah kanker tertangani. Hal ini sangat membantu, Anda dapat secepatnya menyadari tanda–tanda peringatan kemudian mengusirnya.

Daripada takut pada hal yang bisa dengan mudah Anda kendalikan, Anda harus bisa menjaga diri agar tetap sehat. Apabila Anda tidak melakukan tindakan untuk mengatasi rasa takut tersebut. Mungkin Anda akan terus hidup dengan ketakutan tersebut.

Baca juga artikel lainnya :

Pilihan Pengobatan untuk Kanker Serviks

Apel Untuk Kanker Serviks

Kolposkopi Dan Biopsi Serviks

Sarang Semut Untuk Kanker Serviks

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks Rahim

Mengatasi Rasa Takut Kambuhnya Kanker Serviks