Kolposkopi Dan Biopsi Serviks

Selamat bergabung di www.TanamanObatKankerServiks.com salah satu situs terbesar yang akan membawa Anda mengetahui berbagai macam informasi terbaru seputar dunia kesehatan. Khusunya seputar penyakit yang hingga saat ini masih banyak diderita oleh para wanita, yaitu kanker serviks.

Kolposkopi Dan Biopsi Serviks

Kolposkopi Dan Biopsi Serviks

Kolposkopi Dan Biopsi Serviks – Apabila Anda merasakan gejala tertentu yang berpotensi kanker atau bila tes pap Anda menunjukan hasil adanya sel abnormal, maka Anda diharuskan untuk melakukan serangkaian tes yang lebih spesifik lagi agar dokter bisa mendiagnosis kondisi kesehatan dengan tepat. dua diantaranya yaitu kolposkopi dan biopsi serviks. Keduanya merupakan tes medis umum yang biasa direkomendasikan oleh dokter.

Apa itu Kolposkopi?

Kolposkopi ialah tes medis yang dijalankan sama seperti pemeriksaan panggul. Anda akan berbaring dimeja pemeriksaan untuk mempermudah dokter memasukan spekulum kedalam vagina guna melihat serviks (leher rahim). Lalu, dokter akan memakai colposcope untuk memeriksa leher rahim. Colposcope merupakan alat khusus untuk dimasukan kedalam tubuh yang mempunyai lensa pembesar layaknya teropong. Colposcope sangat memungkinkan dokter untuk melihat dengan lebih jelas permukaan serviks. Sedikit olesan larutan asam asetat seperti cuka di serviks akan mempermudah dokter menemukan daerah abnormal.

Bila daerah abnormal terlihat ada pada serviks, biopsi dapat dilakukan. Biopsi merupakan pengambilan sepotong kecil sample jaringan dari daerah dicurigai mengalami masalah. Sample tersebut di kirim ke ahli patologi untuk dilakukan penelitian. Biopsi merupakan cara untuk mengetahui apakah daerah abnormal tersebut adalah pra kanker, kanker atau bukan

Metode kolposkopi seringkali tak menyakitkan, biopsi serviks bisa sebabkan rasa tak nyaman, kram bahkan sakit pada sebagian wanita – namun tak lebih nyeri dari pemeriksaan spekulum lainnya. Tak ada efek samping dari kolposkopi, tes ini aman dilakukan bahkan jika saat Anda hamil. Akan tetapi, sebaiknya tunda untuk melakukan tes ini selama Anda menstruasi.

Apa itu biopsi serviks?

Biopsi merupakan pengambilan sepotong kecil sampel jaringan di daerah yang di curigai bermasalah. Ada jenis-jenis biopsi yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis pra kanker dan juga kanker serviks. Jika bisa sepenuhnya mengangkat seluruh jaringan rusak, biopsi dapat menjadi satu-satunya pengobatan kanker yang dibutuhkan.

  • Biopsi kolposkopi. Jenis biopsi yang pertama yaitu biopsi kolposkopi. Pertama-tama, serviks akan diperiksa menggunakan colposcope untuk mendeteksi ada atau tidaknya daerah abnormal. Memakai tang biopsi, potong bagian kecil sekitar 3 mm dari daerah abnormal padapermukaan serviks. Prosedur biopsi bisa sebabkan kram ringan, nyeri dan perdarahan ringan setelahnya. Anestesi lokal kadang-kadang diresepkan dokter untuk membuat serviks kebas sebelum melakukan biopsi.
  • Dilatase dan kuretase endoserviks. Terkadang daerah yang beresiko infeksi HPV dan pra kanker tidak bisa diteliti dengan hanya menggunakan colposcope. Sehingga cara lain harus dijalankan untuk memeriksa resiko kanker didaerah tersebut. Artinya, dokter harus melakukan kuret, sebuah proses pengambilan sampel endoserviks dengan cara memasukan alat kecil ke dalam kanal endoserviks.
  • Biopsi kerucut. Dikenal juga sebagai konisasi, merupakan prosedur dimana dokter akan memotong satu bagian berbentuk kerucut di dalam serviks. Dasar kerucut tesebut terbentuk dari bagian luar serviks (eksoserviks). Bagian ujung atau puncak dari kerucut merupakan bagian dari kanal endoserviks. Menjalankan kerucut biopsi tak akan melindungi kebanyakan wanita dari kehamilan. Apabila sebagian besar jaringan diangkat, Anda bisa lebih beresiko untuk melahirkan secara prematur.

Apabila kanker ditemukan saat melakukan biopsi, kanker akan di identifikasi baik sebagai adenokarsinoma ataupun karsinoma sel skuamosa. Anda dan juga dokter harus mulai berhati-hati mempertimbangan manfaat serta resiko sebelum mempunyai skrining yang bagus untuk diagnosis keadaan kesehatan secara tepat.

Baca juga artikel lainnya :

Ini Pentingnya Pemberian Vaksin Kanker Serviks

Karsinoma Serviks Uteri

Pengobatan Kanker Serviks

Fakta Mengenai Kanker Leher Rahim

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks Rahim

Kolposkopi Dan Biopsi Serviks