Ketahui Fakta Tentang HPV

Selamat datang di situs www.TanamanObatKankerServiks.com salah satu situs yang membagikan berbagai informasi kesehatan setiap harinya. Informasi yang akan kami bagikan kali ini yaitu tentang HPV atau Human Papillomavirus. Langsung saja Anda simak informasinya di bawah ini.

Ketahui Fakta Tentang HPV

Ketahui Fakta Tentang HPV

Ketahui Fakta Tentang HPV – Saat ini, banyak wanita yang sudah menyadari akan bahaya dan juga resiko fatal dari kanker serviks atau kanker leher rahim. HPV atau Human Papillomavirus merupakan salah satu faktor resiko paling umum yang menyebabkan kanker serviks. Berikut yang harus Anda ketahui seputar HPV.

Fakta tentang HPV yang perlu diketahui

  • Tanpa disadari, seseorang bisa terkena HPV

Apabila Anda aktif secara seksual, mungkin Anda pernah terinfeksi HPV, paling tidak satu kali dalam hidup Anda. Infeksi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Pada kasus lain, HPV bisa bertahan didalam tubuh dan juga bisa akibatkan perubahan sel yang berujung pada kanker serviks atau kondisi lainnya.

  • Terdapat lebih dari 100 jenis HPV

Para ilmuwan sudah mencatat lebih dari 100 jenis HPV. Dan untungnya tidak semua jenis tersebut bisa munculkan masalah yang berbahaya. Ada sekitar 40 jenis HPV yang bisa dengan mudah menyebar melalui kegiatan seksual. Setidaknya ada 12 jenis yang sudah dikaitkan dengan kanker. Di antara nya, ada 2 jenis yakni HPV 16 dan HPV 18 (paling banyak sebabkan kanker).

  • Pria juga bisa terinfeksi HPV

HPV seringkali dikaitkan dengan kanker yang menyerang wanita, karena 99% infeksi ini ditemukan pada kanker serviks. Pria tidak bisa mempunyai kanker rahim, namun mereka bisa terinfeksi HPV. Berdasarkan CDC, pria aktif secara seksual sangat rentan untuk terinfeksi HPV. Infeksi ini juga bisa hilang seiring waktu, di usir oleh sistem imunitas tubuh. Tapi jika HPV terus menginfeksi, hal ini bisa sebabkan kanker tenggorokan, anus dan penis pada pria.

  • HPV dapat sebabkan suara menjadi serak

HPV sebabkan pertumbuhan kutil di area kelamin. Namun HPV juga bisa sebabkan kutil di tenggorokan. Hal ini bisa mempengaruhi produksi suara sehingga sebabkan suara menjadi serak. HPV juga bisa sebabkan batuk kronis serta masalah pada pernafasan.

  • HPV bisa sebabkan kanker tenggorokan

Pertumbuhan kutil bisa dibilang sifatnya jinak, namun HPV juga bisa sebabkan kanker tenggorokan. Para ilmuwan memperkirakan di tahun 2020, HPV bisa menjadi penyebab lebih banyak kanker tenggorakan dibanding kanker serviks. Gejala bisa terdiri dari nyeri tenggorokan yang tak kunjung sembuh, sakit saat menelan dan suara menjadi serak.

  • HPV bisa menular melalui seks oral

Kanker tenggorokan dan mulut cukup langka namun HPV semakin diakui sebagai faktor resikonya yang berkemungkinan ditularkan melalui seks oral. Resikonya cukup kecil, hingga 3 dari 4 orang yang atif secara seksual di usia 14 sampai 44 tahun sudah melakukan seks oral. Merokok dan juga alkohol diduga sebagai penyebab utama terjadinya kanker tenggorokan.

  • Terdapat vaksin untuk HPV

Ada 2 vaksin yang sudah diakui, yaitu Cervarix yang melindungi diri dari HPV jenis 16 dan 18 serta Gardasil yang menjadi satu-satunya vaksin yang melindungi diri dari pra kanker vulva, anus dan vagina. Keduanya membutuhkan 3 dosis yang diberikan diwaktu berbeda. Namun penelitian terbaru menunjukan bahwa 1 dosis sebetulnya cukup.

  • Vaksinasi lebih baik dilakukan di usia muda

Ada baiknya, perempuan mendapatkan vaksin HPV di usia 11-12 tahun. Vaksin juga bisa diberikan saat usia 9 tahun. Karena saat usia muda, mereka belum aktif secara seksual. Hal tersebut akan memberikan mereka perlindungan terhadap HPV.

  • Anak laki-laki juga dapat diberi vaksin

Salah satu vaksin HPV yaitu Gardasil juga bisa diberikan kepada anak laki-laki di usia 11-12 tahun. Vaksin tersebut bisa melindugi anak dari perkembangan kanker dikemudian hari. Walaupun kurang populer jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ada 9000 kanker terkait HPV yang menyerang laki-laki setiap tahunnya. Yaitu terdiri dari kanker tenggorokan, mulut, anus dan penis.

Mempunyai pengetahuan tentang HPV bukan hanya membantu Anda untuk mencegah kanker serviks tapi juga menghindari Anda dari resiko penyakit serius lainnya. Jadi kenapa tidak, Anda berbagi informasi di atas kepada teman dan juga keluarga Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga artikel lainnya :

10 Fakta Kanker Serviks yang Harus Diketahui

Khasiat Kunyit Putih Untuk Kanker Serviks

Melanjutkan Hidup Setelah Pengobatan Kanker Serviks Usai

Perawatan yang Tepat Setelah Pembedahan

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks Rahim

Ketahui Fakta Tentang HPV