Karsinoma Serviks Uteri

Selamat datang di salah satu situs terbesar www.TanamanObatKankerServiks.com yang menyajikan banyak informasi mengenai kesehatan, khususnya masalah yang sering dialami oleh wanita yaitu kanker leher rahim atau kanker serviks.

Karsinoma Serviks Uteri

Karsinoma Serviks Uteri

Karsinoma Serviks Uteri – Karsinoma serviks uteri adalah penyakit keganasan yang memunculkan masalah kesehatan pada wanita. Frekuensi kematian dan juga kesakitan akibat neoplasma ini paling banyak jika dibandingkan dengan penyakit keganasan ginekologi lainnya.

Berdasarkan hasil dari laporan diberbagai sentra patologi di Indonesia, karsinoma serviks uteri menduduki urutan pertama dari penyakit keganasan yang ada. Berbeda dengan negara maju, karsinoma serviks uteri ada di urutan kelima setelah karsinoma payudara, kolorektal, paru, dan juga kulit. Adanya perbedaan ini kemungkinan disebabkan oleh program tes pap di negara maju lebih canggih dibandingkan negara berkembang.

Tes Pap adalah alat skrining kanker serviks uteri yang digunakan untuk melihat perubahan sel epitel serviks uteri mulai dari perubahan dysplasia ringan dysplasia sedang, dysplasia berat, dan karsinoma in situ. Di negara maju, tes pap dilakukan dengan cara periodic dan teratur terlebih pada wanita golongan resiko tinggi, tujuannya agar karsinoma terdeteksi secara dini sehingga angka kesakitan bahkan kematian akibat karsinoma serviks menurun.

Kombinasi tes pap dan juga kolposkopi ini adalah sarana diagnosis untuk mendeteksi karsinoma dini serviks uteri. Adanya metode tes pap yang dikombanikasikan kolposki ini, membuat karsinoma serviks uteri bisa dikategorikan kedalam penyakit yang bisa diobati bahkan penyakit yang bisa dicegah.

Penyebab karsinoma serviks uteri ini masih belum diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa faktor resiko dan predisposisi yang menonjol, antara lain :

  • Usia pertama kali berhubungan seksual

Berdasarkan hasil dari riset para ahli, mengungkap bahwa semakin muda seorang wanita berhubungan seksual maka semakin besar pula resiko mendapatkan karsinoma serviks uteri. Menikah di usia 20 tahun kerap dianggap terlalu muda.

  • Jumlah kehamilan dan melahirkan

Karsinoma serviks uteri banyak ditemukan pada wanita yang sering melahirkan. Makin sering seorang wanita melahirkan maka makin banyak juga resiko mendapat karsinoma serviks uteri.

  • Jumlah perkawinan

Wanita yang sering berhubungan seksual dan juga bergonta-ganti pasangan memiliki faktor resiko terbesar untuk mendapat karsinoma serviks uteri, Dari hasil riset sitologi tes pap, sekelompok wanita biasa dan wanita tuna susila ternyata jumlah kasus pra-karsinoma lebih banyak ditemukan pada wanita tuna susila.

  • Infeksi virus

Infeksi virus herpes simpleks, virus kondiloma akuminata dan virus papiloma diduga menjadi faktor penyebabnya. Untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi virus tersebut bisa dideteksi dengan melakukan tes pap.

  • Sosial ekonomi

Karsinoma serviks uteri banyak ditemukan di golongan sosial ekonomi rendah. Ada kemungkinan faktor sosial ekonomi berkaitan dengan gizi dan juga imunitas. Bagi mereka yang bergolongan sosial ekonomi rendah, biasanya kuantitas serta kualitas makanan kurang dan hal ini akan berdampak pada sistem imunitas tubuh,

Baca juga artikel lainnya :

Gejala dan Tanda Kanker Serviks

Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks

Fakta Mengenai Kanker Leher Rahim

Pengobatan Kanker Serviks

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks Rahim

Karsinoma Serviks Uteri