Ini Pentingnya Pemberian Vaksin Kanker Serviks

Selamat datang kembali di www.TanamanObatKankerServiks.com masih mengenai penyakit kanker serviks, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi tentang pentingnya pemberian vaksin kanker serviks saat ini. Langsung saja, mari simak artikel yang kami rangkumkan khusus untuk Anda semua.

Ini Pentingnya Pemberian Vaksin Kanker Serviks

Ini Pentingnya Pemberian Vaksin Kanker Serviks

Ini Pentingnya Pemberian Vaksin Kanker Serviks – Kanker serviks menjadi satu di antara penyakit yang paling ditakuti oleh banyak wanita pada umumnya. Untuk menekan resiko terkena penyakit ini, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah memberikan vaksin kanker serviks.

Sebagain besar kanker serviks disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seks yaitu virus HPV (human papillomavirus). Vaksin kanker serviks adalah salah satu usaha untuk menghambat terjadinya penularan virus tersebut. Infeksi HPV pada wanita dapat sebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang tidak normal. Pada sebagian wanita, gangguan ini bisa berkembang menjadi pentyakit kanker serviks.

Untuk wanita, pemberian vaksin kanker serviks ini dianjurkan sebanyak 3 dosis dalam 3 kali penggunaan. Vaksin yang pertama diberikan saat masa remaja yaitu di usia 11-12 tahun, lalu vaksin kedua diberikan 1-2 bulan setelah pemberian vaksin yang pertama. Setelah itu, vaksin ketiga diberikan enam bulan setelah vaksin pertama.

Ketiga dosis vaksin kanker serviks ini diyakini sebagai perlindungan jangka panjang dari infeksi human papillomavirus. Apabila saat remaja dosis vaksin belum diberikan lengkap, sebaiknya temui dokter untuk melengkapi dosis vaksin tersebut.

Bukan hanya wanita, pria juga bisa mendapat manfaat dari vaksin HPV. Untuk para pria, virus HPV juga bisa sebabkan kutil pada alat kelamin, kanker anus dan juga kanker tenggorokan. Golongan pria yang dianjurkan untuk mendapat vaksin HPV ialah pria yang melakukan hubungan intin dengan sesama pria atau yang mempunyai gangguan imunitas serta pria yang usianya 26 tahun atau lebih muda.

Jenis Vaksin Kanker Serviks

Virus HPV mempunyai beragam jenis. Sekitar 40% dari semua jenis HPV bisa sebabkan infeksi di area kelamin. Di samping itu, beberapa jenis tertentu bisa memicu kanker serviks. Berikut merupakan beberapa jenis vaksin HPV yang saat ini bisa Anda manfaatkan, di antaranya :

  • Cervarix

Secara umum, cervarix digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra-vaksin jenis ini bisa mencegah infeksi HPV 16 dan juga HPV 18 yang umumnya sebagai penyebab kanker. Vaksin ini hanya ditujukan pada wanita.

  • Gardasil

Jenis ini digunakan untuk mencegah kanker dan pra-kanker serviks, vagina, vulva dan anus. Selain mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh HPV 16 dan HPV 18, jenis ini juga memberantas infeksi HPV 6 dan HPV 11 penyebab kutil kelamin. Untuk pria, pemberian vaksin ini bisa dilakukan di usia 9-26 tahun.

  • Gardasil 9

Cakupan pencegahan infeksi human papilloma virus dari vaksin ini lebih luas daripada Gardasil sebelumnya, yakni termasuk HPV 31, HPV 33, HPV 45, HPV 52 dan HPV 58 yang terkait sebagai penyebab kanker serviks. Untuk pria, Gardasil 9 bisa dipakai di usia 9-15 tahun.

Efek Samping Vaksin Kanker Serviks

Efek samping vaksinasi human papilloma virus berlangsung sementara dan tergolong cukup ringan. Beberapa efek yang kerap dikeluhkan yaitu nyeri, bengkak, sakit kepala dan kemerahan di area lokasi suntikan.

Selain itu, efek samping yang jarang ditemukan ialah berupa mual, demam dan nyeri di sekitar lengan, kaki atau tangan hingga memunculkan ruam kemerahan yang terasa gatal. Kemudian, ada juga efek samping yang sangat jarang terjadi yaitu terhambatnya saluran pernapasan sehingga sebabkan sulit bernapas.

Meskipun terbilang sangat jarang terjadi, vaksin HPV juga berkemungkinan bisa memicu reaksi alergi parah atau yang dikenal dengan sebutan alergi anafilaksis yang dapat mengancam keselamatan Anda.

Segera berkonsultasi pada dokter, sebelum Anda memutuskan untuk mendapatkan vaksin kanker serviks. Mintalah informasi selengkap mungkin agar membuat pertimbangan yang tepat tentang manfaat yang bisa didapat dan resiko efek samping yang ada.

Baca juga artikel lainnya :

Penyebab Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

Gejala Kanker Serviks

Komplikasi Kanker Serviks

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks

Ini Pentingnya Pemberian Vaksin Kanker Serviks