Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Endometrium

Selamat datang di www.TanamanObatKankerServiks.com situs penyaji beragam informasi kesehatan terunik. Kali ini admin akan membahas sedikit tentang kanker endometrium. Simak informasi secara lengkapnya di bawah ini 🙂

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Endometrium

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Endometrium

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Endometrium – Apa yang harus Anda ketahui tentang kanker endometrium? Endometrium merupakan batas dinding rahim. Sementara rahim normalnya memiliki bentuk seperti buah pear yang berada didaerah pinggung wanita.

Bagian atas rahim kerap disebut badan. Sementara bagian bawah yag berbatasan dengan vagina disebut dengan serviks atau leher rahim. Lapisan paling luar di dinding rahim disebut miotremium, yang tebal dan tersusun atas otot yang sangat kuat. Otot-otot tersebut berkontraksi selama proses persalinan guna membantu mengeluarkan bayi.

Bagian endometrium lebih halus dan juga berpori. Tiap bulan, endometrium ini berubah. Hal tersebut merupakan bagian dari siklus haid. Diawal siklus, ovarium mengeluarkan hormon estrogen yang sebabkan penebalan endometrium.

Saat pertengahan siklus, ovarium berhenti mengeluarkan estrogen dan mulai menghasilkan hormon lain yakni progesteron. Hormon ini mempersiapkan bagian dalam endometrium utnuk mempertahankan embrio, sehingga terjadilah kehamilan. Bila proses penempelan embrio tak terjadi maka hormon progesteron akan menurun. Bagian dalam endometrium ini yang kemudian luruh menjadi darah haid.

Awal mula pertumbuhan kanker endometrium

Kanker endometrium terjadi saat sel sel dinding rahim berubah dan mulai tumbuh tak terkendali, maka terbentuklah benjolan yang biasa kita sebut tumor. Kanker ini berbahaya, lantaran mengambil alih sel sehat dengan mengambil tempatnya dan juga mengambil asupan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi sel sehat. Tak semua tumor memiliki sifat kanker, namun kanker sifatnya ganas mampu menyebar luas ke bagian tubuh lainnya.

Kanker bisa menyusup ke organ disekitarnya dan kelenjar getah bening bahkan sel ganas ini bisa masuk lewat aliran darah kemudian menyebar ke tulang atau bagian tubuh yang jauh seperi paru paru. Inilah yang disebut dengan metastatis. Pada dasarnya, kanker endometrium adalah penyakit wanita dengan sosio ekonomi tinggi, obesitas, pasca menopause dengan jumlah anak sedikit dan bisa dialami oleh wanita di usia muda.

Faktor-faktor pemicu Kanker Endometrium

Penyebab utama kanker ini masih belum diketahui secara pasti, namun dalam sejumlah riset ditemukan adanya mutasi dari gen p35. Beberapa hal yang diperkirakan sebagai pemicu kanker endometrium adalah :

  • Obesitas atau kegemukan
  • Sindroma ovarium polikistik
  • Menopause lambat
  • Menstruasi terlalu dini
  • Riwayat hipertensi, diabetes dan penyakit kandung empedu
  • Pemakaian jangka panjang kombinasi kontrasepsi oral dosis tinggi

Selain beberapa faktor di atas, hal hal berikut ini juga bisa menigkatkan risiko kanker endometrium yaitu merokok, pemakaian jangka panjang estrogen dosis tinggi, menstruasi tak teratur, riwayat infertilitas dan tingginya dosis kumulatif tamoxifen.

Mempunyai salah satu dari faktor risiko di atas bukan berarti wanita tersebut menderita kanker endometrium. Namun resiko wanita tersebut untuk terkena kanker endometrium lebih tinggi dibanding wanita tanpa faktor risiko.

Apa saja gejala yang bisa ditemui pada kanker endometrium?

Sejauh ini gejala yang paling umum dari kanker endometrium ialah perdarahan abnormal pada vagina. Bagi wanita yang sudah menopause, segala macam bentuk perdarahan vagina yang tak normal harus diperiksakan segera pada dokter.

Untuk wanita yang belum/menuju menopause, membedakan haid normal dan juga perdarahan abnormal mungkin agak sulit. Haid yang lebih banyak ataupun lebih panjang bisa dihubungkan dengan kanker bagi wanita yang belum menopause.

Ketika jeda waktu menuju menopause, haid mungkin lebih pendek dan frekuensinya lebih jarang. Bila ditemukan perdarahan maka harus dilaporkan ke dokter. Gejala lain yang bisa muncul di antaranya sakit pinggul, benjolan didaerah pinggul dan berat badan menurun.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Endometrium. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat, terima kasih telah membaca.

Baca juga artikel lainnya :

Khasiat Wortel Untuk Kanker Serviks

Daftar Buah untuk Penderita Kanker Serviks

Khasiat Selada Air Untuk Kanker Serviks

Fakta Mengenai Kanker Leher Rahim

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks Rahim

Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Endometrium