5 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks

Selamat datang di www.TanamanObatKankerServiks.com kali ini kami akan berbagi info tentang 5 Olahraga yang bisa dilakukan setelah operasi kanker serviks. Apa saja? Selengkapnya Anda bisa lihat tulisan di bawah ini..

5 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks

5 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks

5 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks – Bagi sebagian wanita pengidap kanker serviks, pengobatan bisa kurangi atau hancurkan kanker. Setelah pengobatan mungkin Anda akan mengalami perasaan campur aduk. Mungkin Anda merasa lega sudah berhasil menjalani pengobatan namun juga merasa cemas tentang kemungkinan kembalinya kanker.

Berolahraga pasca operasi kanker serviks sangat penting dilakukan, guna menjaga kebugaran tubuh dan mempercepat proses pemulihan. Namun tentu jenis olahraganya tidak dapat sembarangan. Ketahui secara pasti, olahraga apa yang dapat dan harus dilakukan untuk mengembalikan keadaan tubuh seperti sediakala.

Apabila Anda baru saja selesai menjalani operasi, Anda harus memulai hidup yang sehat kembali, seperti salah satunya rajin berolahraga. Membakar energi serta kurangi berat badan dapat membantu mengembalikan kesehatan. Hal tersebut mampu memberi efek yang sangat signifikan bila Anda sudah melakukan kemoterapi dan juga radiasi.

Berikut 5 jenis olahraga yang dapat dilakukan setelah operasi kanker serviks :

  • Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga kardio yang paling murah dan juga mudah dilakukan setiap saat, termasuk hari-hari setelah menjalani operasi. Jalan kaki sangat bermanfaat bagi Anda untuk dapat pulih lebih cepat. Jalan kaki mampu membakar kalori serta kurangi berat badan. Tahukah Anda? bahwa pasien yang sering berjalan kaki mempunyai kemampuan untuk pulih lebih cepat jika dibandingkan dengan pasien yang terus beristirahat di tempat tidur?

  • Peregangan

Selama operasi, otot dapat memendek jadi beberapa teknik peregangan yang ringan akan sangat dibutuhkan. Jangan lakukan peregangan berat, karena hal tersebut dapat memengaruhi proses penyembuhan Anda. Hentikan jika jenis olahraga ini memunculkan tanda-tanda nyeri.

  • Pernapasan dalam

Latihan pernapasan dalam berfungsi untuk mempertahankan gerakan normal pada dada yang sangat bermanfaat untuk paru paru. Berbaringlah dengan terlentang dan tarik napas secara perlahan. Cobalah terus menarik napas secara perlahan untuk mendapat udara sebanyak mungkin sembari mengembangkan diafragma. Ketika Anda tak mampu menarik napas lagi, buat  diri Anda menjadi rileks dan buanglah napas. Lakukan latihan ini minimalnya 6 kali dalam sehari.

  • Heel slide

Olahraga ini membantu Anda kembalikan kelenturan lutut. Berbaring lah di lantai dengan menggunakan tali pengikat atau strap, tekuk lutut ke dalam tubuh hingga muncul sedikit tekanan kecil pada lutut Anda. Tahan posisi tersebut selama sekitar 10 detik, kemudian geser kembali tumit ke bawah lalu luruskan lutut Anda. Ulangi sampai 10 kali.

  • Straight leg raise

Straight leg raise merupakan latihan yang sudah sangat umum dalam rehabilitasi cedera. Berbaring secara terlentang dengan kedua kaki dalam posisi tegak lurus, angkat kaki sekitar 15 sentimeter dari lantai dengan lutut tetap terjaga lurus. Tahan selama beberapa detik kemudian kembali lagi ke posisi awal secara perlahan. Angkat kaki dalam 4 hitungan lalu turunkan kaki dalam 4 hitungan juga. Lakukan sampai 3 set yang terdiri dari 6-10 pengulangan dalam 3 atau 4 hari pertama setelah operasi.

Olahraga sangat dibutuhkan untuk pemulihan kesehatan Anda pasca operasi kanker serviks. Penting untuk Anda selalu memerhatikan respon tubuh terhadap setiap gerakan serta tak lupa untuk tetap berkonsultasi pada dokter. Olahraga bisa membantu Anda perbaiki mood, tingkatkan rasa percaya diri serta kurangi rasa lelah yang kerap menjadi efek samping operasi. Nah itulah kenapa Anda penting untuk berolahraga pasca operasi kanker serviks. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Khasiat Wortel Untuk Kanker Serviks

Bisakah Mempunyai Anak Usai Pengobatan Kanker Serviks?

Khasiat Selada Air Untuk Kanker Serviks

7 Cara Mengatasi Nyeri Kanker

Posted by : 3 Tanaman Obat Kanker Serviks Rahim

5 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Setelah Operasi Kanker Serviks